Jumat, 11 April 2008

Prudential yang Mendunia

Minggu, 02/03/2008

Semua perusahaan besar kelas dunia hampir dipastikan mengalami pasang surut yang menjadikannya semakin matang dan efisien dalam menjalankan usahanya.

HAL seperti itu pula yang dialami Prudential plc, sebelum berhasil mengukuhkan diri sebagai salah satu perusahaan keuangan terbesar di dunia.Prudential tercatat berkali-kali ganti nama sejak awal berdirinya. Tak hanya itu, sejumlah langkah restrukturisasi pun dilakoni demi memenuhi perkembangan zaman yang menuntut sebuah perusahaan lebih efisien dan mempunyai produktivitas tinggi.

Prudential plc berawal pada 1848, dikenal sebagai The Prudential Mutual Assurance Investment and Loan Association. Prudential memulai langkah akuisisinya pada 1860-an, sebagai hasilnya lahirlah The British Prudential and Consolidated Assurance Company.Kemudian, tak lama berselang nama perusahaan pun berganti menjadi The Prudential Assurance Company (PAC) pada 1867. PAC kemudian menjadi perusahaan terbuka pada 1881, mengikuti aturan Limited Liability Act (1880).

Pada saat itu, perusahaan hanya dimiliki oleh segelintir orang,kurang dari 100 pemegang saham. Setelah terdaftar pun jumlah pemilik perusahaan ini masih tetap sedikit, hanya berjumlah 173 orang pada 1893. Langkah akuisisi terus berlanjut hingga tahun 1970-an,termasuk pada Vanbrugh Life dan M&G Reinsurance. Namun hal itu menjadi tidak praktis ketika harus mengelola unit. Untuk itu, Prudential Assurance Company berganti menjadi Prudential Corporation plc yang berdiri pada 1978 untuk memudahkan proses manajemen.

Waktu berlalu, pengelola perusahaan pun merasa perlu merevitalisasi citra perusahaan pada 1980-an.Sebagai usaha meningkatkan kinerja, Prudential melakukan merger seluruh elemen inti perusahaan. Setelah itu Prudential modern menatap ke depan dengan semangat baru Sejak 1 Oktober 1999, nama perusahaan yang sebelumnya Prudential Corporation plc ikut berubah menjadi Prudential plc. Pada Juni 2000 saham Prudential tercatat di New York Stock Exchange, langkah ini sebagai usaha untuk meningkatkan dan lebih mengenalkan perusahaan dengan situasi bisnis internasional.

Sebagai sebuah perusahaan yang telah berdiri sejak 1848, tentu saja Prudential matang dalam hal layanan jasa keuangan yang bertaraf internasional. Pengalaman yang ada ditunjukkan dengan variasi produk yang dimulai dari asuransi, pensiun, investasi ritel, sampai manajemen obligasi institusi dan investasi properti. Portofolio perusahaan sudah sangat dikenal dan mempunyai citra yang dihormati, termasuk Prudential, M&G Investments,Jackson Natio-nal Life Insurance Company and Prudential Corporation Asia, telah berhasil menjaring 20 juta konsumen di berbagai belahan dunia.

Grup perusahaan ini mempunyai dana kelola sebesar 260 miliar euro sampai dengan 30 Juni 2007. Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan melakukan perlindungan terhadap konsumen terkait pengelolaan keuangan dengan menawarkan berbagai bentuk pengelolaan keuangan, perlindungan, serta produk layanan ritel keuangan lainnya.

Di Inggris dengan bendera Prudential, perusahaan menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola keuangan, seperti dana pensiun perusahaan,unit-linked bonds, produk investasi, polis proteksi, dan produk asuransi kesehatan. Prudential mempunyai unit lain seperti M&G Investments, sebuah institusi yang menaungi para manajer investasi di Inggris dan Eropa, mempunyai posisi terdepan dalam manajemen investasi ritel, pendapatan tetap institusi, dana pensiun, properti, dan jasa keuangan.

Anak usaha lainnya adalah Jackson National Life Insurance Company, sebuah unit bisnis yang berada di Amerika Serikat dan bergerak di bidang asuransi dengan 3 juta kontrak yang terikat, Jackson menawarkan pendapatan tetap, pendapatan tetap indeks, serta berbagai jenis tunjangan hari tua.Produk lainnya adalah asuransi permanen dan asuransi berjangka waktu, dan produk institusi. Untuk kawasan Asia,Prudential Corporation Asia mempunyai asuransi jiwa dan operasi manajemen investasi di 13 pasar.

Ini termasuk langkah kerja sama strategis dengan pemain lokal seperti CITIC Group (untuk asuransi jiwa di China), ICICI Bank (asuransi jiwa dan bisnis investasi di India) dan Bank of China International (untuk bisnis investasi di Hong Kong). Prudential Corporation Asia menawarkan langkah penyimpanan yang komprehensif, proteksi, produk investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal setempat. Berdasarkan status 31 Desember 2006, bisnis manajemen investasi Prudential di China,Hong Kong, India,Jepang,Korea,Malaysia, Singapura,Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Vietnam mengelola aset senilai 29,2 miliar euro. (berbagai sumber/ arif dwi cahyono)

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda