Sabtu, 12 April 2008

Unit Link Makin Mendominasi

Masih cantik, menarik, dan banyak dimintai. Begitu gambaran produk asuransi berbasis investasi. Kinerja yang ditorehkan produk proteksi berbasis investasi ini atau yang dikenal dengan instrumen unit link, masih mendominasi perolehan premi industri asuransi jiwa.

Berdasarkan data yang diolah Litbang Investor, perolehan premi unit link sepanjang tahun 2006 mencapai Rp. 6,9 triliun. Sementara pendapatan premi industri sebesar Rp. 27,4 triliun. porsi unit link mencapai 25,4% terhadap pendapatan premi seluruh perusahaan.

Ada beragam alasan perusahaan memilih produk ini sebagai tumpuan pendapatan premi. Salah satunya untuk meminimalkan risiko investasi perusahaan dan menjaga Risk Based Capital (RBC) agar tidak anjlok. PT. Prudential Life Assurance misalnya memperoleh kontribusi pendapatan dari unit link sebesar 97,2% pada tahun 2006.

Hasil investasi merupakan daya tarik bagi nasabah yang membeli produk unit link. tetapi Presiden Direktur PT. Prudential Life Assurance, Kevin Holmgren mengingatkan, untuk menilai kinerja investasi hal terpentng adalah melihat apa yang akan diraih di masa mendatang bukan padakinerja jangka pendek. Meski berbasis investasi, karakter unit link lebih ditujukan untuk investasi jangka panjang.

Sumber : Majalah Investor

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda